Grand Bazaar, Pasar Tua Favorit Turis Mancanegara

Berusia lebih dari 500 tahun, Grand Bazaar selain pasar tertua juga yang terbesar dari yang sejenis di seluruh dunia. Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1450-an pada pemerintahan Kekhalifahan Ottoman dan bertahan hingga kini.

Pasar dengan atap dan tembok batu ini memuat 61 ruas jalan di dalamnya yang menampung lebih dari 3.000 toko. Tahun 2014, Grand Bazaar merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi turis, yaitu mencapai 91.250.000 pengunjung per tahun.

Grand bazaar shops in Istanbul. Turkey.
tourketurki.com

Lokasinya berada di kompleks Kota Tua Istanbul, tepatnya di distrik Fatih yang sangat dekat dari Masjid Biru dan Museum Hagya Sofia. Kamu hanya perlu berjalan kaki ke Grand Bazaar setelah menikmati arsitektur Masjid Biru yang megah dan kekayaan sejarah dua agama di Hagya Sofia. Pasar ini juga sangat mudah dijangkau dengan trem dari Beyazid. Dari Beyazid bisa kamu lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Selain barang-barang yang telah disebutkan di atas, Grand Bazaar juga menyediakan barang-barang lainnya. Antara lain adalah; lukisan tangan, rempah-rempah, makanan, perlengkapan makan, hiasan rumah, kerajinan kulit, baju dan berbagai macam pernak-pernik dan souvenir.

Pasar yang digemari wisatawan lokal hingga mancanegara ini tidak buka setiap hari. Grand Bazaar tutup setiap hari Minggu, jadi pastikan untuk tidak menjadwalkan ke pasar ini di hari tersebut. Setiap Senin sampai Sabtu, Grand Bazaar buka pukul 08.30-19.00 waktu setempat.

Dengan luas 40.000 m2, banyak pintu masuk di berbagai sisi Grand Bazaar. Namun dengan area yang begitu luas dan banyaknya pintu keluar masuk, terkadang bisa membuat tersasar jika ingin keluar lewat pintu yang sama ketika masuk ke pasar.

Sebaiknya ingat-ingat kamu masuk di pintu berapa, foto saja tempat masuk tersebut atau tulis nomornya di notes ponsel. Hal ini akan mempermudah traveler menemukan kembali pintu tersebut, kalau mau bertanya arah ke pedagang pun lebih mudah. Apalagi kalau traveler juga janjian di pintu tertentu untuk bertemu dengan rombongan.

Menurut pemandu wisata yang menemani detikTravel ke Grand Bazaar, kebanyakan rombongan turis janjian bertemu di Gate 1 Grand Bazaar yang lebih mudah dicari.

NB: Dari berbagai sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *