Stonehenge, Batu Misteri dari Inggris

Stonehenge yang terletak 13 km barat laut Salisbury, Wiltshire, Inggris, ini merupakan sebuah tempat bersejarah yang penuh misteri. Monument yang terdiri dari batu-batu besar ini bisa berdiri dengan sendirinya dan membentuk berjajar melingkar. Para ahli sejarah sudah menelitinya dari sejak jaman dahulu, yang menyimpulkan bahwa batu-batu tersebut dibangun dari sejak jaman perunggu dan neolitikum.

Mengenal Sejarah Monumen Batu Stonehenge di Inggris

Nama Stonehenge tersebut berasal dari bangunan itu sendiri, stone yang artinya batu dan henge artinya lingkaran, jadi memang monument batu tersebut berjajar membuat sebuah lingkaran, banyak hasil penelitian dan menghasilkan perbedaan pendapat mengenai usia dari bangunan monumen batu tersebut. Kebanyakan para arkeolog berpendapat bahwa bangunan Stonehenge telah dibangun dari tahun 3500 SM sampai 2000 SM.

 

dok: alvarroy.com

Baru-baru ini penelitian telah mengungkapkan darimana asal muasal batu Stonehenge, telah ditemukan batu yang sama jenisnya dari wilayah Wales, tepatnya di Preseli Hills. Disimpulkan demikian karena hasil penelitian yang diambil dari komponen terkecil dari batu tersebut, batu yang sering disebut bluestone.

Ada beberapa teori yang bervariasi, namun para arkeolog umumnya telah sepakat bahwa monumen batu Stonehenge ini pertama kali didirikan pada tahun 3.500 SM dengan dilakukan dalam beberapa fase.

Zaman dahulu 3.500 SM, terdapat masyarakat semi nomadik yang sering disebut Windmill Hill people, mendiami suatu kawasan di Salisbury. Masyarakat tersebut mulai membangun monumen batu tersebut. Awal mula konstruksi dimulai dengan membuat 56 lubang yang membentuk formasi melingkar. Lubang tersebut yang kemudian diberi nama Aubrey Hole, karena pertama kali ditemukan oleh John Aubrey. Kemudian batu pertama “Heel Stone” yang tingginya mencapai 4,9 meter diletakkan di sebelah pintu masuk formasi tersebut.

Mengenal Sejarah Monumen Batu Stonehenge di Inggris

Setelah beberapa ratus tahun kemudian, masyarakat Breaker di tahun 2.600 – 2.510 SM juga membawa 80 blok batu Bluestone yang masing-masing batunya memiliki berat sekitar 4 ton, batu yang diambil dari sebuah pertambangan di gunung Prescelly dengan jarak sekitar 240 mil. Blok batu yang biasa disebut megalith itu kemudian mulai disusun membentuk 2 lingkaran konsentris.

 

Nb: Berbagai Sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *